Tuesday, 22 October 2019
Spectr News Theme
Sejuta Berdaya

Bupati Kediri Siap Dukung Produksi dan Pemasaran Kopi Kelud

Spectr News Theme Admin
2019-09-10 07:10:21
0
5

Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno berkunjung ke tempat pengolah kopi binaan LAZ Al Azhar, tepatnya di rumah produksi KSM Lamor Kelud Sejahtera Laharpang (Senin, 29/07). Ikut serta dalam kunjungan tersebut, Kepala PDP Margomulyo Indra Taruna, Camat Puncu, dinas terkait, dan para pengolah kopi.

Dalam kunjungannya Bupati Haryanti berdiskusi dengan pengolah kopi, membahas tentang bagaimana produksi UMKM disini bisa lebih baik lagi, mulai dari bahan baku, proses produksi, hingga kemasan menarik yang dapat menunjang pemasaran agar dapat lebih meningkat.

Kunjungan yang berlangsung selama 2 jam ini disebut-sebut sebagai rekor kunjungan terlama, karena biasanya dalam melakukan 1 kali kunjungan di sebuah tempat Bupati Haryanti menghabiskan waktu 30 menit.

Ditemui usai kunjungan, Aynut Dhobit Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) yang ditempatkan LAZ Al Azhar sebagai pendamping menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno yang telah memberikan dukungan dan perhatian sehingga produk UMKM Dusun Laharpang semakin dikenal dan laku.

“Setiap event pameran yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, kami selalu diajak ikut serta dan disediakan stand promosi. Dari situlah banyak sekali masyarakat yang mengetahui Kopi Kelud Laharpang,” katanya.


Dari promosi lewat pameran, tak sedikit pengunjung yang tertarik datang ke Laharpang untuk membeli produk kopi dan bon cabai. Tak hanya itu, mereka juga menikmati keindahan alam yang ada di Laharpang. Pemasaran produk kopi dan bon cabai Laharpang saat ini sudah mampu menembus pasar luar kota hingga ke Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Dhobit mewakili warga Laharpang mengaku bahagia atas kunjungan Bupati Kediri dr. Hj. Haryanti Sutrisno. Hasil dari kunjungan ini pihak Pemkab Kediri akan memberikan badan hukum kepada KSM dengan tujuan untuk mempermudah akses dukungan yang masuk. Selain itu Dinas Pertanian, Dinas Koperasi dan Dinas Perdagangan setempat langsung bergerak untuk mensupport peningkatan produksi Kopi Kelud.

Dusun Laharpang, Desa Puncu, Kecamatan Puncu, Kabupaten Kediri adalah desa terpencil. Letaknya berada persis di lereng Gunung Kelud yang hanya berjarak sekitar 5 Km dari puncaknya. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat disini adalah petani yang memanfaatkan kesuburan tanahnya. Komoditi pertanian yang cocok ditanam disini adalah cengkeh, kopi, lombok, bawang merah serta tanaman buah-buahan seperti alpukat dan durian.

Dari hasil komoditi pertanian tersebut masyarakat sekitar mulai memanfaatkannya dengan mengolah produk kopi dan cabai sebagai produk unggulan. Kopi liberika dan robusta Kelud menjadi idola para pecinta kopi, sedangkan cabai rawit yang melimpah disini dimanfaatkan untuk produk boncabe (cabai bubuk).

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration