Tuesday, 17 September 2019
Spectr News Theme
Indonesia Gemilang

LAZ Al Azhar dan Bank Indonesia Luncurkan Program Pulau Berdikari

Spectr News Theme Admin
2019-07-02 10:11:42
0
5

Hari Jum’at (28/06) kemarin LAZ Al Azhar dan Bank Indonesia cabang DKI Jakarta meluncurkan program Pulau Berdikari di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Bupati Kab. Kepulauan Seribu Husein Murad, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Provinsi DKI Jakarta Djoko Raharto dan Kepala Bidang Pemberdayaan Umat YPI Al Azhar Damarrahmad Budi.

Peluncuran program Pulau Berdikari ini ditandai dengan ditempatkannya para pendamping desa yang disebut Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) di tiga pulau yang akan menjadi binaan yakni Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Tidung.

Dalam sambutannya Husein Murad mengatakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan para nelayan di Kepulauan Seribu pemerintah tidak bisa bergerak sendirian. Perlu sinergi dari berbagai pihak. “Program Pulau Berdikari ini tentunya memiliki kesan yang luas, dimana masyarakat mampu untuk merdeka berkarya dan memiliki kekuatan bersaing hingga sampai merasakan sejahtera”, ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Umat YPI Al Azhar Damarrahmad Budi mengatakan selama ini banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu baik domestik ataupun mancanegara. Meski begitu, peningkatan kesejahteraan masyarakat belum meningkat secara signifikan. Melalui Program Pulau Berdikari ini, pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu akan dikembangkan dan saling berkaitan satu sama lainnya berbasis ekowisata bahari.


“Program ini akan mengintegrasikan tiga pulau yang ada di Kepulauan Seribu, yakni Pulau Panggang, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Tidung. Eksekusi program kita lakukan dengan pemberdayaan sentra budidaya ikan di Pulau Panggang, kemudian pengolahan produk dan kerajinan nelayan dipusatkan di Pulau Kelapa Dua serta akses pemasaran akan dipusatkan di Pulau Tidung yang nantinya dapat menarik para wisatawan”, jelas Damar.

Lanjut Damar, para Dasamas yang ditempatkan untuk mendampingi masyarakat dan nelayan juga bertugas untuk meningkatkan pengetahuan dan keahlian masyarakat, meningkatkan taraf keilmuan agama serta meningkatkan taraf kesejahteraan nelayan berbasis ekowisata bahari.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration