Friday, 22 November 2019
Spectr News Theme
Indonesia Gemilang

Wujudkan Ketahanan Pangan, LAZ Al Azhar dan Mandiri Amal Insani Luncurkan Program Desa Mandiri

Spectr News Theme Admin
2019-07-04 10:14:28
0
5

Hari Sabtu (29/06) kemarin LAZ Al Azhar bersama Mandiri Amal Insani (MAI) Foundation meluncurkan program Desa Mandiri di Desa Cinanggela, Kec. Pacet, Kab. Bandung, Jawa Barat. Acara ini dihadiri oleh Direktur MAI Foundation Abdul Ghofur, Direktur Eksekutif LAZ Al Azhar Agus Nafi’ serta aparatur pemerintah dan para petani setempat.

Para petani Desa Cinanggela mengaku bahagia dan sangat bersyukur dengan adanya program ini. Budi, tokoh masyarakat sekaligus perwakilan BPD Cinanggela mengatakan, ketahanan pangan di desanya dalam kondisi memprihatinkan. Meski jumlah petani banyak dan hasil pertanian tinggi, namun kesejahteraan dan ketahanan pangan petani belum terwujud.

 “Perlu adanya pendampingan dan bimbingan sistem manajemen pertanian agar para petani bisa memiliki kemampuan untuk mengelola hasil pertanian”, jelas Budi.

Direktur MAI Foundation Abdul Ghofur mengatakan kontribusi petani dalam pembangunan Indonesia sangat tinggi karena berperan dalam menjaga kelestarian pangan. “Kita semua harus berterima kasih kepada petani karena merekalah yang menyediakan beras di rumah kita. Semoga dengan adanya program ini selain terciptanya ketahanan pangan, kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga petani juga meningkat”, ujar Ghofur.

Direktur LAZ Al Azhar Agus Nafi’ menjelaskan, program Desa Mandiri merupakan replikasi dari program pemberdayaan petani LAZ Al Azhar yang sudah diterapkan di 35 desa dari 11 provinsi. Lanjut Agus, dalam mewujudkan ketahanan pangan perlu ditingkatkan produktivitas dari hasil tanam petani. Maka dari itu kapasitas dan keahlian petani harus ditambah dengan memberikan pelatihan serta penguatan manajamen lokal serta akses pembiayaan. Seorang pendamping desa yang biasa disebut Dasamas (Da’i Sahabat Masyarakat) juga akan ditempatkan di Desa Cinanggela yang 24 jam siap mendampingi warga.

“Salah satu kunci keberhasilan program pemberdayaan adalah pendampingan. Selain meningkatkan perekonomian, para Dasamas juga bertugas untuk meningkatkan sektor kesehatan, pendidikan dan keagamaan masyarakat. Insya Allah selain menjadi desa mandiri pangan, warga Cinanggela juga akan semakin berdaya dan sejahtera“, pungkas Agus.

Komentar

Registration Login
Lost your Password?
Registration Login
A password will be send on your post
Registration Login
Registration